Artificial Intelegence (AI)
Algoritma AI /Metode merupakan
kecerdasan yang ditunjukan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini
umumnya dianggap komputer. Berdasarkan pemikiran bahwa komputer melakukan
penalaran secara logis dan juga bisa melakukan aksi secara rasional berdasarkan
hasil penalaran tersebut. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan
buatan antara lain sistem pakar, games, jaringan syaraf tiruan dan
robotika.
Definisi :
Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial
Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang
ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya
dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat
melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa
macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit
untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif
tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan
persamaan integral, membuat permainan catur atau menyelesaikan permainan puzzle
geser angka. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit
kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti
contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain Sepakbola.
- See more
at: http://dinulislami.blogspot.com/2013/02/pengertian-artificial-intelligence.html#sthash.5cMws0tj.dpuf
Kecerdasan buata nituatau“artificialintelligence” itusendirimunculdari seorangprofesordariMassachusettsInstituteofTechnologyyangbernamaJohn
McCarthypadatahun1956padaDartmouthConferenceyangdihadiriolehpara penelitiAI.Padakonferensitersebutjugadidefinisikantujuandarikecerdasan
buatan,yaitu:mengetahuidanmemodelkan proses-prosesberfikirmanusiadan mendesignmesinagardapatmenirukan
kelakuanmanusiatersebut.Beberapa
programAI yangmulaidibuatpadatahun1956-1966, antaralain:
1. Logic Theorist,
diperkenalkan pada Dartmouth
Conference, program ini dapatmembuktikanteorama-teoramamatematika.
2. SadSam,diprogram
olehRobertK.Lindsay(1960).Programinidapat mengetahuikalimat-kalimatsederhana
yangditulisdalambahasainggrisdan mampumemberikanjawabandarifakta-faktayangdidengardalamsebuah
percakapan.
3.ELIZA,diprogram oleh JosephWeizenbaum (1967).
Programinimampu
melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.
Contoh aplikasi
AI
1. Bidang
Komputer dan Sains
Para Peneliti kecerdasan buatan telah membuat banyak
alat untuk memecahkan beberapa masalah yang dapat dikategorikan paling rumit
pada bidang komputer dan sains. Kebanyakan dari penemuan mereka telah diambil
alih oleh cabang ilmu komputer dan sains dan tidak lagi menjadi bagian dari
bidang ilmu kecerdasan buatan. Beberapa daftar aplikasi yang sebelumnya
dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan buatan adalah GUI (Graphical User
Interface), Kalkulasi koordinat mouse pada layar monitor, manajemen penyimpanan
otomatis, pemrograman dinamis serta pemrograman orientasi objek.
2. Finansial
Pada bidang finansial, penggunaan kecerdasan buatan
ditujukan pada pengorganisasian operasi, investasi saham, dan memanajemen
properti. Sebuah sistem yang memiliki kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi
inflasi maupun deflasi yang akan terjadi di masa depan serta dapat
mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham sehingga dapat digunakan
untuk menentukan investasi secara detail.
3. Kesehatan
Pada bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah
digunakan, slah satunya adalah algoritma genetika yang memungkinkan simulasi
proses evolusi dan rekayasa genetika diuji coba tanpa memerlukan “korban”
makhluk hidup. Algoritma ini juga dapat digunakan untuk pencocokan DNA yang
sering digunakan dan saat ini mungkin populer untuk mengidentifikasi identitas
seseorang.
4. Industri
Pada bidang Industri penggunaan mesin sudah merupakan
hal yang umum. Mesin biasanya digunakan dalam industri untuk pekerjaan yang
membahayakan manusia dan yang sulit untuk dilakukan manusia. sebagai contoh
memindahkan barang yang mempunyai berat ber ton-ton, pemotongan besi dan baja.
bahkan dalam industri manufaktur, pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian
tinggi dan konsistensi sudah diambil alih oleh mesin.
5. Telekomunikasi
Pada Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan
juga banyak digunakan antara lain untuk pencarian heuristik tentang tenaga
kerja mereka, mengatur penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan
jumlah gaji sesuai dengan kualitas kerja mereka. Semuanya dilakukan secara
otomatis dengan kecerdasan buatan yang telah diimplementasikan ke dalam
sistemnya.
6. Pengembangan Game
Perkembangan Game yang pesat pada masa ini juga
membutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule permainannya. Sebuah sistem game,
jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh seorang player, maka ketika player yang
sama memulai lagi permainan dari awal, maka rule permainannya akan sama. namun
berbeda untuk game-game yang telah ada saat ini. sistem dalam game, dapat
belajar mengenali pola permainan dari player dan ketika player tersebut memulai
permainan kembali, maka sistem ini akan menggunakan rule yang berbeda untuk
pemain yang sama ini. sehingga game menjadi lebih menarik dan menantang untuk
dimainkan. Contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bentuk game sangat banyak
sekali, ada yang berbentuk game PC, dan ada pula yang berbentuk game jaringan
atau Game Online.
7. Pengembangan Mainan Dengan AI
Peralatan permainan seperti AIBO dan ASIMO, robot
anjing cerdas dan robot yang menyerupai manusia yang dapat berinteraksi dengan
manusia menjadi salah satu favorit alat bermain yang telah menggunakan
kecerdasan buatan pada sistemnya. AIBO dan ASIMO ini dapat berinteraksi dengan manusia
melalui suara, fitur speech recognition di dalamnya, robot ini dapat mengerti
apa yang diucapkan manusia dan menanggapinya.
8. Pengembangan AI yang lain
SYSTRAN adalah perangkat lunak yang dapat dipakai
untuk melakukan penerjemahan dari dan kebahasa-bahasa berikut: Jerman, Prancis,
Italia, Jepang, Korea, Rusia, Portugis dan Spanyol. Delco Electronics
menciptakan sebuah mobil yang dapat mengemudi sendiri. Mobil ini menggunakan
pendeteksi tepi untuk tetap bertahan di jalan
Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis.
Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis.
Kesimpulan
:
Artificial
Intelligence (AI) atau Intelegensia Semu adalah bidang ilmu yang mempelajari
bagaimana membuat sistem atau komputer menjadi cerdas. Supaya komputer bisa
bertindak seperti atau serupa dengan manusia, maka komputer harus diberi bekal
pengetahuan, dan mempunyai kemampuan untuk menalar.Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]:
1.
Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2.
Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3.
Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan
entrepreneurial)
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar